TATA CARA BERLALU LINTA PP NO.43 YHN 1993

#TATA CARA BERLALU LINTAS KENDARAAN PP NO 43 TAHUN 1993

Bagian Pertama: Penggunaan Jalur Jalan

Pasal 51

BACASELENGKAPNYA(1) Tata cara berlalu lintas di jalan adalah dengan mengambil jalur jalan sebelah kiri.
Bagian kedua: Gerakan Lalu Lintas Kendaraan Bermotor

Paragraf 1

bacaseterusnyaPasal 52
Pengemudi yang akan melewati kendaraan lain harus mempunyai pandangan bebas dan menjaga ruang yang cukup bagi kendaraan yang dilewatinya.

Pengemudi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), mengambil lajur atau jalur jalan sebelah kanan dari kendaraan yang dilewati.

Dalam keadaan tertentu pengemudi sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dapat mengambil lajur atau jalur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keselamatan lalu lintas.

Pasal 53

Pengemudi harus memperlambat kendaraannya apabila akan melewati:

a.kendaraan umum yang sedang berada pada tempat turun- naik penumpang;

Pasal 54

1.Pengemudi mobil bus sekolah yang sedang berhenti untuk menurunkan dan atau menaikkan anak sekolah wajib menyalakan tanda lampu berhenti mobil bus sekolah.

Pasal 55

Pengemudi dilarang melewati:

a.kendaraan lain di persimpangan atau persilangan sebidang

b.kendaraan lain yang sedang memberi kesempatan menyeberang kepada pejalan kaki

Pasal 56

Pengemudi yang akan dilewati kendaraan lain wajib :

a.memberikan ruang gerak yang cukup bagi kendaraan yang akan melewati;

b.memberi kesempatan atau menjaga kecepatan sehingga dapat dilewati dengan aman.

Pasal 58

Pada jalan tanjakan atau menurun yang tidak memungkinkan bagi kendaraan untuk saling berpapasan, pengemudi kendaraan yang arahnya turun harus memberi kesempatan jalan kepada kendaraan yang menanjak.

~Paragraf 3

Tata Cara Membelok

Pasal 59
Pengemudi yang akan membelok atau berbalik arah, harus mengamati situasi lalu lintas di depan, samping dan belakang kendaraan dan wajib memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat lengannya. ( liat spion kiri & kanan, lampu sein nyalain. Ok )
Pengemudi yang akan berpindah lajur atau bergerak ke samping, harus mengamati situasi lalu lintas di depan, samping dan belakang kendaraan serta memberikan isyarat. ( suka lupa nih, ngasih isyarat. Langsung hajar aja )

3.Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri.

~Paragraf 4

Tata Cara Memperlambat Kendaraan

Pasal 60
Pengemudi yang akan memperlambat kendaraannya, harus mengamati situasi lalu lintas di samping dan belakang kendaraan serta memperlambat kendaraan dengan cara yang tidak membahayakan kendaraan lain.

~Paragraf 5
Posisi Kendaraan di Jalan

Pasal 61
Pada jalur yang memiliki dua atau lebih lajur searah, kendaraan yang berkecepatan lebih rendah daripada kendaraan lain harus mengambil lajur sebelah kiri. ( ini nih alasan Polisi, motor harus pake lajur kiri di Jakarta. Terus dikomplain ama Departemen Perhubungan yang ngerasa kewengannya ngatur jalan di ambil Polisi “ ribut jadinya “ =>cape deeeeh )
Pada jalur searah yang terbagi atas dua atau lebih lajur, gerakan perpindahan kendaraan ke lajur lain harus memperhatikan situasi kendaraan di depan, samping dan belakang serta memberi isyarat dengan lampu penunjuk arah.
Pada jalur searah yang terbagi atas dua atau lebih lajur yang dilengkapi rambu-rambu dan atau marka petunjuk kecepatan masing-masing lajur, maka kendaraan harus berada pada lajur sesuai kecepatannya.
Pada persimpangan yang dikendalikan dengan bundaran, gerakan kendaraan harus memutar atau memutar sebagian bundaran searah jarum jam, kecuali ditentukan lain yang dinyatakan dengan rambu-rambu dan atau marka jalan.

( yang ini udah jelas banget ya )

~Paragraf 6
Jarak Antara Kendaraan

Pasal 62

Pengemudi pada waktu mengikuti atau berada di belakang kendaraan lain, wajib menjaga jarak dengan kendaraan yang berada didepannya.
( jaga jarak, jangan masuk wilayah blindspot. Tau – tau di depan ada lobang, nyungsep entaar kaya pengalamannya Lamno )

Bagian ketiga: Berhenti dan Parkir
Pasal 66
1.Setiap jalan dapat dipergunakan sebagai tempat berhenti atau parkir apabila tidak dilarang oleh rambu-rambu atau marka atau tanda-tanda lain atau di tempat-tempat tertentu.

Bagian Keempat Penggunaan Peralatan dan Perlengkapan Kendaraan Bermotor

Pasal 70

Pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor roda dua atau kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah, wajib menggunakan helm.

Tuh, Helm pake inget Helm….helm….dan helm ( half face / full face )

Nah yang berikutnya sangat penting lagi, pastikan anda membacanya !!!!

Bagian Kelima Peringatan dengan Bunyi dan Penggunaan Lampu

Paragraf 1
Peringatan Dengan Bunyi

Pasal 71

1.Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa klakson dapat digunakan apabila :

a.diperlukan untuk keselamatan lalu lintas.

b.melewati kendaraan bermotor lainnya.

2.Isyarat peringatan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilarang digunakan oleh pengemudi:

a.pada tempat-tempat tertentu yang dinyatakan dengan rambu-rambu;

b.apabila isyarat bunyi tersebut mengeluarkan suara yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor.

Pasal 72

Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa sirene hanya dapat digunakan oleh :

Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas termasuk kendaraan yang diperbantukan untuk keperluan pemadaman kebakaran.

Aambulans yang sedang mengangkut orang sakit;

Kendaraan jenazah yang sedang mengangkut jenazah;

Kendaraan petugas penegak hukum tertentu yang sedang melaksanakan tugas;

Kendaraan petugas pengawal kendaraan kepala negara atau pemerintah asing yang menjadi tamu negara.

Tuh kan komunitas / klub motor kagak ada disitu !! Makanya jangan pake sirine, kecuali motor lu jadi pengangkut jenazah.Hiii…hiii…. ada penampakan.

Bagian Ketujuh: Kecepatan Maksimum dan atau Minimum Kendaraan Bermotor

Pasal 80

Kecepatan maksimum yang diizinkan untuk kendaraan

bermotor :

Sytem jaringan jalan primer untuk :

Mobil penumpang, mobil bus dan mobil barang serta sepeda motor adalah 100 kilometer perjam;

Pasal 81
1. Untuk keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, dapat ditetapkan kecepatan maksimum yang lebih rendah dari ketentuan kecepatan maksimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 80.

2. Penetapan batas kecepatan maksimum sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan penetapan batas kecepatan minimum dilakukan dengan memperhatikan karakteristik lalu lintas, kondisi jalan, dan kondisi lingkungan.

3. Batas kecepatan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2), harus dinyatakan dengan rambu-rambu.

From CF_Vega

Edited by: Lamno at 3:46am 04mei2007

Supra X 125 Community Chapter Serang, dan Honda Beat Club. Acara dihadiri perwakilan dari PT Astra Honda Motor (AHM), Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB), PT Daya Adira Mustika sebagai diler utama Honda di Jawa Barat, dan pemilik diler Honda di Banten. “Kami mengundang IMHB agar klub motor Honda di Banten bisa sharing. IMHB itu semacam asosiasi klub motor Honda di Bandung yang cukup eksis,” jelas Budi Suwardi, Bagian Promosi PT MS Kemakmuran. Sylvia Triana, Manager Honda Customer Care Center (HC3) PT MS Kemakmuran, menambahkan, pihaknya memang ingin merangkul semua klub motor Honda. Selama ini mereka terbentuk dengan sendirinya dan berjalan masing-masing. “Kalau pun ada pembinaan, baru sebatas support dana dan bentuk lainnya apabila ada yang mengajukan proposal kegiatan,” ungkap Sylvia. Ke depan, lanjut dia, ingin lebih dari itu. Antara klub dengan pihaknya bisa kerja sama yang saling menguntungkan. Abah, perwakilan IMHB, menuturkan, klub motor Honda yang ada di Bandung bersatu dalam IMHB. “Bikers itu harus bersama-sama, tidak saling menunjukkan ego masing-masing. Seperti di Bandung, klub Tiger itu cuma satu yaitu TAB (Tiger Association Bandung-red),” ungkap Abah. Menurutnya, banyak manfaat yang dapat diperoleh bila klub motor Honda dekat dengan diler. Misalnya diler jadi sponsor. (yes)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s